Profil Desa


       Rajabasa Lama 2 dahulu merupakan sebuah hutan yang lebat. Hewan liar pun masih sangat banyak saat itu. Pada 31 Desember 1973 datanglah Pemuda Transmigrasi Pramuka. Mereka berasa dari Pulau Jawa, tepatnya Provinsi Jawa Timur. Mereka datang beramai-ramai sebanyak 102 orang. Kegiatan mereka merupakan salah satu realisasi dari program pemerintah dalam membangun desa-desa.

       Seiring berjalannya waktu sebagian dari para pemuda transmigrasi ada yang merasa tidak kuat berada hidup di hutan saat itu. Mereka pun memutuskan untuk pulang kembali ke daerah asalnya, yaitu Jombang, Jawa Timur. Namun, masih banyak juga pemuda yang bertahan dan akhirnya bertempat tinggal sampai saat ini. Tahun demi tahun kemajuan desa terus terlihat. Dusun Transmigrasi Pramuka berkembang dengan pesat. Akhirnya dikenalah dengan Dusun Pramuka samapai sekarang. Daerah pedesaan yang subur menjadi ramai dengan adanya pendatang dari luar wilayah yang memutusan untuk tinggal menetap.

       Pada 1986 terjadi pemekaran Desa Rajabasa Lama. Hasil pemekaran itu terbentuklah menjadi dua desa, yaitu Desa Rajabasa Lama 1 dan Desa Rajabasa Lama 2. Rajabasa Lama 2 merupakan gabungan antara Dusun Pramuka dan beberapa dusun lainnya yang termasuk dari hasil pemecahan Desa Rajabasa Lama tersebut.

 

Download Profil Lengkap


RAJABASA LAMA 2